Aku Menangis, Saat Tilawah Al Qur’an Atau Mendengar Musik?

menangis quran

Imam Bukhari dan Imam Muslim meriwayatkan dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ’anhu, beliau berkata :

“Suatu ketika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepadaku, “Bacakanlah al-Qur’an kepadaku.” Maka kukatakan kepada beliau, “Wahai Rasulullah, apakah saya bacakan Al Qur’an kepada anda sementara Al Qur’an itu diturunkan kepada anda?”. Maka beliau menjawab, “Sesungguhnya aku senang mendengarnya dibaca oleh selain diriku.” Maka akupun mulai membacakan kepadanya surat an-Nisaa’. Sampai akhirnya ketika aku telah sampai ayat ini (yang artinya), “Lalu bagaimanakah ketika Kami datangkan saksi bagi setiap umat dan Kami jadikan engkau sebagai saksi atas mereka.” (QS An Nisaa’ : 40). Maka beliau berkata, “Cukup, sampai di sini saja.” Lalu aku pun menoleh kepada beliau dan ternyata kedua mata beliau mengalirkan air mata” (HR. Bukhari dan Muslim)

Hadits diatas memberikan pelajaran kepada kita, untuk memiliki rasa senang dan menikmati bacaan Al Qur’an yang dibacakan oleh orang lain. Apalagi orang tersebut memiliki kualitas bacaan Al Qur’an yang tartil dan fasih, ditambah suaranya yang merdu, tentu akan semakin membuat siapa pun yang mendengarnya hanyut dalam keagungan firman-Nya. Kini sangat mudah kita temukan, bacaan tilawah Al Qur’an dalam bentuk file mp3 atau juga di Youtube, dari para syeikh, ustadz, maupun qori’.

Mari kita jawab dengan jujur, pernahkah kita menangis tatkala mendengarkan bacaan ayat Al Qur’an? Atau menangis ketika kita membaca ayat Al Qur’an?

Beruntunglah orang – orang menangis saat membaca atau mendengarkan ayat Al Qur’an. Inilah salah satu ciri orang yang beriman, seperti yang dikatakan Allah,

Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu adalah mereka yang apabila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya, bertambahlah iman mereka karenanya dan hanya kepada Rabb mereka, mereka bertawakkal.(QS Al Anfal: 2)

“Apabila dibacakan ayat-ayat Allah Yang Maha Pemurah kepada mereka, maka mereka menyungkur dengan bersujud dan menangis.” (QS Maryam: 58)

Imam Al-Qurthubi berkata: Di dalam ayat ini terdapat bukti yang kuat bahwa ayat-ayat Allah punya pengaruh terhadap hati. (Ahkamul Qur’an)

Memang benar, kita tidak mesti harus menangis terus ketika membaca atau mendengarkan Al Quran. Akan tetapi jika seumur hidup tidak pernah mata ini tersentuh dengan Al Quran sama sekali, maka kita harus banyak-banyak intropeksi diri. Karena salah satu ciri seorang mukmin adalah hatinya bergetar dan bertambah imannya ketika dibacakan Al Quran dan matapun bisa menangis bahagia, sebagaimana yang disebutan dalam surat Al Anfal diatas. Mungkinkah ternyata yang menutupi mata, telinga, dan kerasnya hati kita dari kemuliaan ayat suci Al Qur’an adalah disebabkan banyaknya dosa kita?. Dari Abu Hurairah, dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,

Seorang hamba apabila melakukan suatu kesalahan, maka dititikkan dalam hatinya sebuah titik hitam. Apabila ia meninggalkannya dan meminta ampun serta bertaubat, hatinya dibersihkan. Apabila ia kembali (berbuat maksiat), maka ditambahkan titik hitam tersebut hingga menutupi hatinya. Itulah yang diistilahkan “ar raan” yang Allah sebutkan dalam firman-Nya (yang artinya), ‘Sekali-kali tidak (demikian), sebenarnya apa yang selalu mereka usahakan itu menutupi hati mereka’. (HR Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ibnu Hibban)

Atau sebaliknya, kita justru pernah bahkan sering menangis ketika mendengar atau menyanyikan sebuah lagu buatan manusia? Mohonlah ampunan kepada Allah Azza wa Jalla agar mata, telingan dan hati ini dilembutkan saat mendengar keagungan firman-Nya…

Ada tujuh golongan yang akan dinaungi oleh Allah pada hari ketika tidak ada naungan kecuali naungan-Nya; …. dan (7) seorang yang mengingat Allah di kala sendirian sehingga kedua matanya mengalirkan air mata (menangis)(HR. Bukhari dan Muslim)

Wallahu a’lam bishowab. Barakallahu fiikum

Dapatkan tausyiah harian hanya di pin BBM 7B578D8D

Silahkan follow twitter @adefahrizal / SMS & WA 082116061831 / email adefahrizal@gmail.com untuk bertanya.

Ingin memiliki buku Islam berkualitas yang sesuai dengan Qur’an dan Sunnah? Temukan di Toko Buku Islam ZK Mart. Segera invite pin BBM 7B578D8D dan follow twitter & Instagram @zk_mart

Bimbel Qur’an Ziyadatul Khoir menerima layanan les privat mengaji Iqro dan Al Qur’an di rumah anda. Terbuka untuk semua usia dan kalangan, anak – anak, dewasa, orang tua. Serta melayani untuk individu, keluarga, kelompok, dan perkantoran. Pengajar oleh Ustadz Abu Fawwaz Ade Fahrizal. Silahkan hubungi 082116061831 (hanya untuk Kota Bandung).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s