Perbanyak Berdoa di Bulan Ramadhan

stones-64429_640

Alhamdulillah hari ini tepat kita berjumpa dengan 1 Ramadhan 1437 Hijriah. Tentu kita sangat bersyukur bisa kembali bertemu dengan bulan suci ini, karena di bulan suci inilah rahmat serta keberkahan dari Allah Azza wa Jalla kepada hamba – hamba-Nya dilipatgandakan. Oleh sebab itu, kita terpacu untuk lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas amal ibadah kita; mulai dari ibadah wajib dan sunnah.

Satu diantara banyak amal ibadah tersebut, adalah doa. Doa termasuk ibadah, sebagaimana hadits dari Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam :

“Doa adalah ibadah” (HR Abu Dawud, Tirmidzi, Ibnu Hibban, dan Ahmad)

Sehingga apabila kita melakukannya dengan ikhlas dan ittiba’ (sebagai dua syarat diterimanya sebuah ibadah oleh Allah Azza wa Jalla), maka sudah barang tentu kita akan mendapatkan rahmat dan pahala dari Allah Azza wa Jalla.

Sudah terlalu banyak ayat – ayat Al Qur’an yang berisi perintah Allah Azza wa Jalla kepada kita, untuk berdoa kepada-Nya. Diantaranya :

“Dan Rabbmu berfirman, ‘Berdoalah kepadaKu, niscaya akan Kuperkenankan bagimu’. (QS Al Mukmin : 60)

“Berdoalah kepada Rabbmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. (QS Al A’raf: 55

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo’a apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS Al Baqarah : 186)

Sahabatku, tahukah kamu bahwa ada tiga waktu utama terkabulnya doa di bulan Ramadhan? Kapan sajakah?

1- Waktu sahur

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Rabb kita tabaraka wa ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, “Siapa saja yang berdoa kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni.” (HR. Bukhari, no. 1145 dan Muslim, no. 758). Ibnu Hajar juga menjelaskan hadits di atas dengan berkata, “Doa dan istighfar di waktu sahur mudah dikabulkan.” (Fath Al-Bari, 3: 32).

2- Saat berpuasa

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Tiga orang yang doanya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang dizalimi.” (HR. Ahmad 2: 305. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih dengan berbagai jalan dan penguatnya)

Imam Nawawi rahimahullah berkata, “Disunnahkan orang yang berpuasa untuk memperbanyak do’a demi urusan akhirat dan dunianya, juga ia boleh berdo’a untuk hajat yang ia inginkan, begitu pula jangan lupakan do’a kebaikan untuk kaum muslimin secara umum.” (Al-Majmu’, 6: 273)

3- Ketika berbuka puasa

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Ada tiga orang yang do’anya tidak ditolak : (1) Pemimpin yang adil, (2) Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, (3) Doa orang yang terzalimi.” (HR. Tirmidzi no. 2526, 3598 dan Ibnu Majah no. 1752. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Dalam Tuhfah Al-Ahwadzi (7: 278) disebutkan bahwa kenapa doa mudah dikabulkan ketika berbuka puasa yaitu karena saat itu, orang yang berpuasa telah menyelesaikan ibadahnya dalam keadaan tunduk dan merendahkan diri.

Dari penjelasan diatas, maka jangan sampai kita terlalaikan dari waktu – waktu mustajab tersebut di bulan ramadhan ini. Optimalkan di tiga waktu itu untuk bermunajat kepada Allah Azza wa Jalla, menyampaikan segala keluh kesah, permohonan, keingingan, harapan, cita – cita yang kita inginkan. Sejarah emas Islam mencatat bahwasanya kemenangan terbesar umat ini pada Perang Badr terjadi di bulan Ramadhan, tepatnya 2 tahun setelah hijrah. Dan itu tentu saja tidak lepas dari sebab munajat dan doa kepada Rabbul ‘Aalamiin. Ali bin Abi Thalib radhiallahu’anhu mengisahkan :

 

“Sungguh aku melihat kami pada malam (perang) Badr, di mana tidak ada satu pun di antara kami melainkan ia tertidur, kecuali Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa salam, beliau sholat menghadap pohon dan berdoaa (kepada Allah) sampai subuh…” [Hadist Shahih, riwayat Ahmad no. 1161]

Dan kita tahu bahwa keeseokan harinya, Allah menjawab doa tersebut dengan menurunkan ribuan bala tentara Malaikat untuk menolong kaum muslimin yang berjumlah sedikit dan lemah waktu itu. Ini adalah salah satu bukti, betapa dahsyatnya doa di bulan yang suci ini.

Mereka yang dekat dengan Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa salam, sangat memahami betapa Ramadhan adalah waktu yang istimewa untuk memanjatkan do’a tanpa rasa takut akan ditolak. Sambutlah waktu – waktu tersebut dengan sukacita, karena Allah Azza wa Jalla sedang membuka ‘line telephone’ bagi hamba – hamba-Nya untuk berkomunikasi. Sempatkanlah berdoa walaupun hanya satu kalimat, karena bisa jadi saat itulah doa kita akan dikabulkan oleh Allah Azza wa Jalla.

Wallahu a’lam bishowab. Barakallahu fiikum

Dapatkan tausyiah harian di pin BBM 7B578D8D. Silahkan follow twitter @adefahrizal / SMS & WA 082116061831 / email adefahrizal@gmail.com

Ingin memiliki buku Islam berkualitas yang sesuai dengan Qur’an dan Sunnah? Temukan di Toko Buku Islam ZK Mart. Segera invite pin BBM 7B578D8D dan follow twitter & Instagram @zk_mart

Ziyadatul Khoir menerima layanan les privat mengaji Iqro dan Al Qur’an di rumah anda. Terbuka untuk semua usia dan kalangan, anak – anak, dewasa, orang tua. Serta melayani untuk individu, keluarga, kelompok, dan perkantoran. Pengajar oleh Ustadz Abu Fawwaz Ade Fahrizal. Silahkan hubungi 082116061831 (hanya untuk Kota Bandung).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s