Kabar Gembira Untukmu Yang Sedang Sakit

orang sakit

Saat ini di Indonesia (khususnya di Kota Bandung) sudah mulai memasuki musim penghujan. Setelah dilanda kemarau yang panjang, kini tanah di nusantara kembali merasakan guyuran rahmat Allah ta’alaa yaitu hujan. Sungai yang sempat surut, kini kembali berarus deras. Sawah yang sempat kering, kini kembali dialiri air. Alhamdulillahilladzi bini’matihi tathimush sholihat (Segala puji bagi Allah ta’alaa, yang dengan nikmat-Nya segala kebaikan menjadi sempurna).

Namun ditengah nikmat Allah berupa hujan tersebut, kita harus bersiap atas segala kemungkinan yang bisa terjadi atas izin Allah ta’alaa. Musibah berupa banjir, tanah longsor, pohon tumbang, dan lainnya, kerap hadir saat musim penghujan tiba. Termasuk sakit yang bisa menyerang kita, seperti flu, demam, alergi, bahkan hingga demam berdarah, adalah penyakit – penyakit yang akrab di musim penghujan. Untuk itu kita harus selalu siap, siaga, dan waspada, baik terhadap lingkungan kita maupun diri sendiri.

Saya yakin, tidak ada seorang pun yang ingin sakit (termasuk saya). Namun apakah kita bisa menolak, ketika Allah ta’alaa menakdirkan kita untuk sakit?. Ketika sakit menyapa diri kita, sebagian besar manusia akan merasa tidak senang. Tubuh menjadi lemas dan pikiran  pun tak karuan. Makan tak nyaman, pikiran pun melayang. Namun bagi sebagian orang lainnya, sakit justru menjadi sebuah kabar gembira. Mengapa demikian? Karena dalam sebuah hadits, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

Dari Abdullah bin Mas’ud radhiallahu ‘anhu dia berkata: Aku pernah menjenguk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika sakit, sepertinya beliau sedang merasakan rasa sakit yang parah. Maka aku berkata: “Sepertinya anda sedang merasakan rasa sakit yang amat berat, oleh karena itukah anda mendapatkan pahala dua kali lipat.” Beliau menjawab, “Benar, tidaklah seorang muslim yang terkena gangguan melainkan Allah akan menggugurkan kesalahan-kesalahannya sebagaimana gugurnya daun-daun di pepohonan.” (HR Bukhari dan Muslim)

Dari Abu Said Al-Khudri dan dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhuma dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam beliau bersabda: “Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu kelelahan, atau penyakit, atau kehawatiran, atau kesedihan, atau gangguan, bahkan duri yang melukainya melainkan Allah akan menghapus kesalahan-kesalahannya karenanya.” (HR Bukhari dan Muslim)

Dari Jabir bin Abdullah radhiallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam datang berkunjung ke rumah Ummu Sa`ib atau Ummu Musayyab, maka beliau bertanya: “Ada apa denganmu wahai Ummu Sa`ib -atau Ummu Musayyab- sampai menggigil begitu?” Dia menjawab, “Demam! Semoga Allah tidak memberkahinya.” Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Janganlah kamu mencela penyakit demam, karena dia dapat menghilangkan kesalahan (dosa-dosa) anak Adam, seperti halnya kir (alat peniup atau penyala api) membersihkan karat-karat besi.” (HR Muslim)

Inilah kabar bahagia untukmu yang sedang sakit. Sebuah kabar yang datang dari manusia paling sempurna yang pernah ada di muka bumi ini, Rasulullah Muhammad sholallahu ‘alaihi wa sallam. Ternyata sakit yang kita alami, adalah sebuah cara Allah ta’alaa menunjukkan kasih sayang-Nya, yaitu untuk menggugurkan dosa – dosa kita yang menumpuk. Bahkan sekedar tertusuk duri pun (duri mawar misalnya), sudah bisa menjadi jalan menggugurkan dosa kita. Allahu Akbar

Tersenyumlah wahai anak adam yang saat ini sedang sakit, tersenyumlah. Seberat apapun penyakit anda saat ini, separah apapun vonis menurut dokter, selalu ada kebaikan yang diselipkan oleh Allah ta’alaa melalui sakitmu. Bukankan pahala yang besar akan diraih melalui cobaan yang besar pula. Rasulullah sholallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Sesungguhnya pahala yang besar didapatkan melalui cobaan yang besar pula. Apabila Allah mencintai seseorang, maka Allah akan memberikan cobaan kepadanya, barangsiapa yang ridho (menerimanya) maka Allah akan meridhoinya dan barangsiapa yang murka (menerimanya) maka Allah murka kepadanya.” (HR At Tirmidzi, dihasankan oleh Al Imam Al Albani  dalam Shahih Sunan At Tirmidzi)

Kita akan bisa tersenyum dan tetap memilih untuk bahagia ketika sakit, tatkala kita mau untuk bersabar atas apa yang terjadi. Hanya dengan kesabaranlah, seberat apapun ujian, cobaan, penyakit yang kita hadapi, akan mampu kita hadapi dengan penuh keimanan. Allah ta’alaa berfirman di dalam Al Qur’an :

“Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabar, diberikan pahala bagi mereka tanpa batas.” (QS Az Zumar : 10)

Serta yakinlah, bahwa setelah kesulitan yang kita hadapi tersebut, akan ada kebaikan – kebaikan yang hadir. Sebagaimana firman-Nya :

Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (Alam Nasyrah : 5-6)

Setelah hujan yang deras, akan muncul pelangi yang indah. Setelah malam yang gelap gulita, akan terbit mentari pagi yang cerah. Jangan pernah berburuk sangka atas segala takdir Allah ta’alaa yang terjadi, karena yang menurut kita buruk, belum tentu buruk juga dihadapan-Nya, namun sebaliknya yang menurut kita baik, belum tentu baik juga dihadapan-Nya.

“Bisa jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan bisa jadi kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS Al Baqarah : 216)

Sakitmu adalah cinta-Nya untukmu. Sakitmu adalah cara-Nya agar dirimu lebih dekat dengan-Nya…

Wallahu a’lam bishowab. Barakallahu fiikum…

Dapatkan tausyiah harian di pin BBM 7B578D8D. Silahkan follow twitter @adefahrizal / SMS & WA 082116061831 / email adefahrizal@gmail.com  

Ingin memiliki buku Islam berkualitas yang sesuai dengan Qur’an dan Sunnah? Temukan di Toko Buku Islam ZK Mart. Segera invite pin BBM 7B578D8D dan follow twitter & Instagram @zk_mart

Ziyadatul Khoir menerima layanan les privat mengaji Iqro dan Al Qur’an di rumah anda. Terbuka untuk semua usia dan kalangan, anak – anak, dewasa, orang tua. Serta melayani untuk individu, keluarga, kelompok, dan perkantoran. Pengajar oleh Ustadz Abu Fawwaz Ade Fahrizal. Silahkan invite pin BBM 7B578D8D atau hubungi telpon / SMS / WA 082116061831 (hanya untuk Kota Bandung).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s