Celanaku Diatas Mata Kaki

anti-isbal1Lihatlah gambar disamping. Bagaimana pendapat anda dengan seseorang (khusus laki – laki) yang memakai celana diatas mata kakinya alias ‘cingkrang’? Lucukah karena terlihat seperti orang yang tidak gaul? Atau justru anda malah kagum melihatnya karena mengetahui keutamaannya? Ya begitulah yang terjadi tatkala saya memutuskan untuk memakai celana saya hanya sampai diatas mata kaki. Ada yang menertawakan bahkan mengejek, namun tak sedikit pula menjabat tangan saya seraya mengucapkan, “Barokallahu fiikum yaa akhi. Semoga istiqomah”. Mungkin sebagian besar dari anda bertanya – tanya, memangnya ada apa sih sama celana diatas mata kaki? Emangnya salah kalo pake celana sampe melebihi mata kaki? Mari kita bahas dalam tulisan ini. Namun sebelumnya, saya ingin mengingatkan kembali sebuah firman Allah Azza wa Jalla berikut ini. Agar anda tidak beralasan dengan logika ketika mengetahui pembahasan di tulisan kali ini.

Rasul telah beriman kepada Al-Qur’an yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan): “Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya”, dan mereka mengatakan : “Kami dengar dan kami taat”. (Mereka berdoa) : “Ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali.”  (QS Al Baqarah : 285)

Ikhwah Fillah, memanjangkan kain hingga melebihi mata kaki dalam Islam disebut Isbal. Agama kita yang sempurna ini, ternyata mengatur tentang masalah ini juga. Bayangkan, hingga urusan pakaian saja Islam mengaturnya, betapa detail dan sempurnanya Islam ini (subhanallah). Ada beberapa hadits yang menjelaskan tentang hukum isbal, diantaranya :

Kain yang panjangnya di bawah mata kaki tempatnya adalah neraka” (HR Bukhari)

Barangsiapa menjulurkan pakaiannya karena sombong, tidak akan dilihat oleh Allah pada hari kiamat. Abu Bakar lalu berkata: ‘Salah satu sisi pakaianku akan melorot kecuali aku ikat dengan benar’. Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: ‘Engkau tidak melakukan itu karena sombong’.Musa bertanya kepada Salim, apakah Abdullah bin Umar menyebutkan lafadz ‘barangsiapa menjulurkan kainnya’? Salim menjawab, yang saya dengan hanya ‘barangsiapa menjulurkan pakaiannya’. ”. (HR Bukhari Muslim)

Ada seorang lelaki yang kainnya terseret di tanah karena sombong. Allah menenggelamkannya ke dalam bumi. Dia meronta-ronta karena tersiksa di dalam bumi hingga hari Kiamat terjadi”. (HR Bukhari)

Pada hari Kiamat nanti Allah tidak akan memandang orang yang menyeret kainnya karena sombong” (HR Bukhari)

Ada tiga jenis manusia yang tidak akan diajak biacar oleh Allah pada hari Kiamat, tidak dipandang, dan tidak akan disucikan oleh Allah. Untuk mereka bertiga siksaan yang pedih. Itulah laki-laki yang isbal, orang yang mengungkit-ungkit sedekah dan orang yang melariskan barang dagangannya dengan sumpah palsu”. (HR Muslim)

Aku melihat Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam mendatangi kamar Sufyan bin Abi Sahl, lalu beliau berkata: ‘Wahai Sufyan, janganlah engkau isbal. Karena Allah tidak mencintai orang-orang yang musbil’” (HR Ibnu Majah)

Hadits – hadits shohih diatas menjelaskan tentang dilarangnya menggunakan celana / kain / sarung hingga melebihi mata kaki apalagi hingga menyentuh tanah bagi laki – laki (untuk wanita tidak apa – apa). Tidak perlu penafsiran apa pun, apalagi menggunakan logika dalam memahami hadits – hadits diatas, karena sudah jelas kata – katanya. Sebenarnya permasalahan laki – laki muslim saat ini adalah bukan masalah menolak hadits – hadits tentang isbal, namun lebih kemasalah gaya atau fashion. Pastilah akan terlihat aneh bahkan lucu menggunakan celana diatas mata kaki. Ada yang akan menyamakannya dengan almarhum Jojon. Atau akan terlihat asing diantara orang – orang lain yang mengenakan celana (mayoritas) dibawah mata kaki alias isbal.

Saudaraku seiman, tak perlu malu  atau gengsi untuk mengenakan celana diatas mata kaki (anti isbal). Apalah arti ejekan, hinaan, cacian manusia dibandingkan dengan kebaikan yang akan kita raih disebabkan mentaati Allah dan Rasul-Nya? Beginilah wahai ikhwah yang dicontohkan oleh Rasulullah Sholallahu ‘alaihi wasallam. Maka janganlah diabaikan, lakukanlah sekarang juga. Demi Allah, ini bukan ajaran teroris, tetapi ini adalah ajaran agama kita, Islam, dan Islam bukan agama teroris, melainkan agama yang penuh dengan kasih sayang. Kemudian jangan takut pula untuk terlihat asing. Perhatikan hadits berikut ini :

Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
“Islam muncul dalam keadaan asing, dan ia akan kembali dalam keadaan asing, maka beruntunglah orang-orang yang terasingkan itu.” (HR Muslim)

Jangan pikirkan orang lain suka atau tidak, tetapi pikirkanlah apakah Allah dan Rasul-Nya suka atau tidak. Itu jauh lebih penting dan jauh lebih mulia. Namun pada akhirnya, hidayah adalah milik Allah Azza wa Jalla. Jikalau anda saat ini belum bisa untuk anti isbal, saya mendoakan semoga Allah segera melunakkan hati anda, membuka mata hati anda untuk menerima kebenaran yang telah disampaikan oleh Rasulullah Sholallahu ‘alaihi wasallam.

Wallahu a’lam bishowab. Barakallahu fiikum…

Dapatkan tausyiah harian di pin BBM 7B578D8D. Silahkan follow twitter @adefahrizal / SMS & WA 082116061831 / email adefahrizal@gmail.com  

Ingin memiliki buku Islam berkualitas yang sesuai dengan Qur’an dan Sunnah? Temukan di Toko Buku Islam ZK Mart. Segera invite pin BBM 7B578D8D dan follow twitter & Instagram @zk_mart

Ziyadatul Khoir menerima layanan les privat mengaji Iqro dan Al Qur’an di rumah anda. Terbuka untuk semua usia dan kalangan, ana – anak, dewasa, orang tua. Serta melayani untuk individu, keluarga, kelompok, dan perkantoran. Pengajar oleh Ustadz Abu Fawwaz Ade Fahrizal. Silahkan hubungi 082116061831 (hanya untuk Kota Bandung).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s