Keutamaan Wudhu

wudluAlhamdulillah akhirnya setelah sekian lama tidak menulis, malam hari ini Allah izinkan saya untuk kembali menulis. Diawal – awal tulisan ini, saya memohon doa dari para pembaca semua untuk diri saya. Semoga diri saya di-istiqomah-kan dalam kebaikan dan dijauhi dari perbuatan – perbuatan dosa. Doa yang sama saya panjatkan juga kepada para pembaca semua, aamiinn. Berjalan diatas kebaikan dan terhindar dari perbuatan dosa menurut saya adalah sebaik – baiknya kehidupan. Dibandingkan kita mendapatkan harta berlimpah namun senang berbuat dosa dan tidak menyukai kebaikan, na’udzbillah.

Insya Allah di kesempatan kali ini, saya akan menulis tentang keutamaan sebuah ibadah, ibadah apa tersebut? Ya, seperti yang sudah saya tulis di judul, yaitu wudhu. Sebenarnya ini adalah materi #KajianRutinIslam yang saya isi ba’da maghrib tadi. Saya tertarik berbagi di blog melalui tulisan karena materi ini cukup menarik. Mengapa? Karena masih banyak yang tidak mengetahui tentang keutamaan wudhu. Namun sebelum kita membahas tentang keutamaan wudhu berdasarkan dalil – dalil dari Al Qur’an dan Hadits, saya ingin mengingatkan kembali bahwa wudhu adalah ibadah, bukan ritual (khususnya ritual menjelang sholat). Wudhu adalah ibadah, karena ia mempunyai nilai di hadapan Allah Azza wa Jalla. Wudhu telah dicontohkan oleh Rasulullah Sholallahu ‘alaihi wassalam, sahabat, dan ulama. Jangan sampai kita memahami wudhu sebagai sebuah ritual saja, artinya ketika hendak sholat baru berwudhu. Padahal tidak demikian, wudhu bisa dilakukan kapan saja (terutama ketika sedang hadats).

Beberapa dalil tentang disyariatkan wudhu adalah sebagai berikut :

Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih). sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan ni’mat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur.” (QS Al-Ma’idah : 6)

Tidak akan diterima shalat seseorang yang berhadats hingga dia berwudhu.” Seorang laki-laki dari Hadhramaut bertanya, “Apa yang dimaksud dengan hadats wahai Abu Hurairah?” Abu Hurairah menjawab, “Kentut baik dengan suara atau tidak.” (HR Bukhari dan Muslim)

Sekarang mari kita masuk inti dari tulisan ini. Sering kali hanya dianggap ibadah “nomor dua”. Hal ini terjadi karena jarangnya diangkat dalam sebuah majelis ilmu tentang keutamaan – keutamaan wudhu. Alhamdulillah tadi saya sudah menyampaikan keutamaan wudhu di #KajianRutinIslam. Dan kini saatnya saya berbagi melalui tulisan di web pribadi saya. Jadi apa saja keutamaan wudhu?

1. Pembersih Kotoran Jasmani dan Rohani

Tak dapat kita pungkiri bahwa dalam kehidupan sehari – hari kita tak lepas dari yang namanya noda atau kotoran. Semisal debu atau keringat (pada jasmani) dan dosa (pada rohani). Maka wudhu bisa menjadi solusi untuk membersihkan kotoran tersebut. Jelaslah untuk kotoran jasmani, wudhu sangat mampu menghilangkan kotoran seperti debu. Lantas bagaimana dengan kotoran atau dosa yang melekat pada tangan kita? kaki kita? mata kita? Perhatikan hadits berikut ini :

Apabila seorang muslim atau mukmin berwudhu kemudian mencuci wajahnya, maka akan keluar dari wajahnya tersebut setiap dosa pandangan yang dilakukan kedua matanya bersama air wudhu atau bersama akhir tetesan air wudhu. Apabila ia mencuci kedua tangannya, maka akan keluar setiap dosa yang dilakukan kedua tangannya tersebut bersama air wudhu atau bersama akhir tetesan air wudhu. Apabila ia mencuci kedua kaki, maka akan keluar setiap dosa yang disebabkan langkah kedua kakinya bersama air wudhu atau bersama tetesan akhir air wudhu, hingga ia selesai dari wudhunya dalam keadaan suci dan bersih dari dosa-dosa.” (HR Muslim)

Barangsiapa yang berwudhu lalu membaguskan wudhunya, niscaya kesalahan-kesalahannya keluar dari badannya hingga keluar dari bawah kuku-kukunya.” (HR Muslim)

Barangsiapa berwudhu demikian niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. Sedangkan shalat dan berjalannya dia ke masjid adalah dihitung sebagai amalan sunnah.” (HR Muslim)

Subhanallah betapa dahsyatnya keutamaan wudhu…

2. Mengangkat Derajat Di Hadapan Allah

Maukah kalian aku tunjukkan atas sesuatu yang dengannya Allah akan menghapus kesalahan-kesalahan dan mengangkat derajat?” Mereka menjawab, “Tentu, wahai Rasulullah.” Beliau bersabda, “Menyempurnakan wudhu pada keadaan yang dibenci (seperti pada keadaan yang sangat dingin, pent.), banyak berjalan ke masjid, dan menunggu shalat berikutnya setelah shalat. Maka itulah ribath, itulah ribath.” (HR Muslim)
Ribath adalah amalan berjaga di daerah perbatasan antara daerah kaum muslimin dengan daerah musuh. Maksudnya pahalanya disamakan dengan pahala orang yang melakukan ribath.

3. Bercahaya Pada Hari Kiamat

“Sesungguhnya umatku akan dipanggil pada hari kiamat nanti dalam keadaan dahi, kedua tangan dan kaki mereka bercahaya, karena bekas wudhu.” (HR Bukhari dan Muslim)

Subahanallah, siapa yang tidak ingin dipanggil pada hari kiamat nanti dalam keadaan bercahaya diantara jutaan manusia lainnya?  Tentulah ini merupakan keutamaan yang tidak main – main.

Maka sahabat sekalian, semoga tulisan ini menjadi motivasi bagi kita semua agar senantiasa gemar menjaga wudhu kita. Tidak hanya ketika hendak sholat, namun saat kita mendapatkan hadats maka kita mensucikan lagi diri kita dengan berwudhu. Atau ketika hendak tidur yang keutamaannya juga luar biasa dahsyat.

Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa ‘Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci.’” (HR Ibnu Hibban)

Mari kita jaga dan tingkatkan kualitas wudhu kita. Niatkan wudhu karena Allah semata dan berwudhulah sesuai dengan tuntunan dari Rasulullah Sholallahu ‘alaihi wassallam. Wallahu a’lam bishowab

Mau silaturahim dan ngobrol dengan saya? Silahkan follow twitter @adefahrizal / HP dan WhatsApp 082116061831 / BBM 29EEE7F0 / email adefahrizal@gmail.com

Bergabunglah menjadi donatur tetap #SedekahMakanSantri Penghafal Qur’an : https://adefahrizal24.wordpress.com/gerakan-sedekah-makansiangberkah/

One thought on “Keutamaan Wudhu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s