Mudahkanlah Urusan Orang Lain

tolong menolongDi awal tulisan ini, saya berdoa kepada Allah Azza wa Jalla semoga saudara – saudara kita yang saat ini sedang mendapatkan musibah di Jakarta, Manado, dan Sinabung diberikan ketabahan dan keikhlasan. Semoga dibalik musibah ini, Allah akan memberikan sesuatu yang baik dan indah untuk kehidupan kita. Aamiinn

Tiada seorang mukmin ditimpa rasa sakit, kelelahan , diserang penyakit atau kesedihan (kesusahan) sampai pun duri yang menusuk (tubuhnya) kecuali dengan itu Allah menghapus dosa-dosanya.” (HR. Bukhari)

Sahabat, sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa manusia adalah makhluk sosial. Artinya manusia adalah makhluk yang membutuhkan kehadiran manusia lainnya dalam berbagai hal. Karena tidak ada satu pun manusia di muka bumi ini yang mampu bertahan hidup dalam kesendirian. Oleh karena itu, muncullah sebuah interaksi diantara manusia yaitu tolong menolong. Saya yakin dalam kehidupan sehari – hari banyak diantara kita yang entah memohon pertolongan atau memberikan pertolongan kepada orang lain. Beberapa saat yang lalu, saya dihubungi oleh seseorang, sebut saja Fulan. Fulan meminta tolong kepada saya tentang suatu hal. Saya meyakini bahwa Fulan menghubungi saya untuk meminta tolong adalah atas desain Allah. Dan Allah inginkan saya untuk membantunya. Maka saya bantu Fulan semampu saya, setidaknya ada kebermanfaatan bagi dia dari saya.

Apa hikmah yang bisa kita petik? Apabila kita mengetahui bahwa sebenarnya kita mampu berbuat sesuatu menolong kesulitan orang lain, maka segeralah lakukan, segeralah beri pertolongan. Terlebih lagi bila orang itu telah memintanya kepada kita. Pasti itu karena izin dari Allah. Walaupun mungkin tidak menyelesaikan 100% kesulitan orang tersebut, tetapi kita sudah berperan dalam mengurangi kesulitannya (apalagi jika kita mampu menolongnya 100%, subhanallah). Kita ikut memberikan kebermanfaatan bagi dia untuk menyelesaikan kesulitannya.

Karena perlongan yang kita berikan (sedikit atau banyak) akan sangat berarti bagi orang yang sedang kesulitan. Cobalah renungkan sejenak, bagaimana rasanya apabila kita berada di posisi orang yang meminta pertolongan kepada kita? Saya yakin bagi orang yang memiliki hati nurani yang bersih akan mampu merasakannya. Dan sungguh Allah Subhanahu wa ta’alaa sangat mencintai orang yang mau memberikan kebahagiaan kepada orang lain dan menghapuskan kesulitan kepada orang lain. Serta hal ini juga sesuai dengan sabda dari Rasulullah Sholallahu ‘alaihi wassallam :

Barang siapa yang melepaskan satu kesusahan seorang mukmin, pasti Allah akan melepaskan darinya satu kesusahan pada hari kiamat. Barang siapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat. Barang siapa yang menutupi aib seorang muslim, pasti Allah akan menutupi aibnya di dunia dan di akhirat. Allah senantiasa menolong hamba Nya selama hamba Nya itu suka menolong saudaranya”. (HR Muslim)

Pada suatu hari Rasululah Sholallahu ‘alaihi wassallam ditanya oleh sahabat beliau : “Ya Rasulullah,  siapakah manusia yang paling dicintai Allah dan apakah perbuatan yang paling  dicintai oleh Allah ? Rasulullah menjawab : “Manusia yang paling dicintai oleh  Allah adalah manusia yang paling banyak bermanfaat dan berguna bagi manusia  yang lain; sedangkan perbuatan yang paling dicintai Allah adalah memberikan  kegembiraan kepada orang lain atau menghapuskan kesusahan orang lain, atau  melunasi hutang orang yang tidak mampu untuk membayarnya, atau memberi makan  kepada mereka yang sedang kelaparan dan jika seseorang itu berjalan untuk  menolong orang yang sedang kesusahan itu lebih aku sukai daripada beri’tikaf di  masjidku ini selama satu bulan ”. ( HR Thabrani )

Maka berdasarkan dalil – dalil diatas, harus membuat diri kita untuk selalu mengedepankan semangat tolong menolong (dalam kebaikan tentunya) sesama makhluk ciptaan-Nya. Yakinlah bahwa tidak ada yang sia – sia dari setiap pertolongan yang kita berikan kepada orang lain. Walaupun bisa jadi bantuan yang telah kita berikan tidak digunakan karena alasan tertentu. Tetapi Allah Maha Melihat dan akan membalasnya. Jadi undanglah kebaikan, kemudahan, dan kelapangan dalam hidup kita dengan memberikan bantuan, pertolongan kepada orang yang membutuhkan.

Mau silaturahim dan ngobrol dengan saya? Silahkan follow twitter @adefahrizal / HP dan WhatsApp 082116061831 / BBM 29EEE7F0 / email adefahrizal@gmail.com

Bergabunglah menjadi donatur tetap #SedekahMakanSantri Penghafal Qur’an : https://adefahrizal24.wordpress.com/gerakan-sedekah-makansiangberkah/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s