Allah Tidak Izinkan…

Allah Tidak Izinkan…

Setiap hari senin saya mengikuti majelis taklim gerakan muslim muda @DarusySyabab di Masjid Al Ikhlas, Jalan Tubagus Ismail Depan. Di Darusy Syabab, saya diamanahkan sebagai presiden. Mohon doanya semoga saya mampu menjalankan amanah ini dengan baik. Darusy Syabab merupakan gerakan yang menghimpun muslim muda untuk menegakkan kebenaran. Karena kebenaran harus diatas keburukan. Positioning yang diambil Darusy Syabab adalah dakwah entrepreneurship. Darusy Syabab concern dalam hal cara benar jadi pengusaha, menolak riba dan hutang, serta berjihad dengan harta.

Dalam tulisan kali ini, saya tidak membahas panjang lebar tentang Darusy Syabab. Tapi saya ingin bercerita tentang suatu kejadian setelah  #TaklimDS kemarin. Kami dibuat terkejut setelah salah satu pengurus DKM melaporkan bahwa kotak infaq masjid dibobol. Astaghfirullahal ‘adzhim. Saya dan teman – teman DS pun segera mendatangi kotak infaq tersebut. Betapa kagetnya kami melihat keadaan kotak infaq tersebut, rusak berat. Bahakan gemboknya (yang sangat besar ukurannya) patah. Allahu Akbar. Sekelebat dalam pikiran saya, kok tega – teganya mau mencuri uang di kotak infaq masjid ya? Apalagi kotak infaqnya ada didalam masjid. Apa tidak takut dengan dosa yang akan diterimanya? Semoga Allah memberikan hidayah bagi orang yang melakukannya.

Namun subhanallah, Allah tunjukkan kekuasaan dan kebesaran-Nya. Kami yang menyangka bahwa uang di kotak infaq tersebut ludes, ternyata sangkaan kami salah! Kami telah su’udzhon! Uangnya masih utuh, masih banyak. Allahumma sholli ‘alaa Muhammad. Seketika saya merinding melihat peristiwa ini. Tiada daya dan upaya kecuali atas izin Allah. Secara logika seharusnya uang bisa diambil dengan mudah, karena kotak infaq sudah terbuka dan rusak. Tetapi ternyata Allah tidak izinkan. Entahlah, mengapa ini semua bisa terjadi. Apakah saat itu ada yang memergoki, atau tiba – tiba uangnya menjadi susah diambil, atau malahan Allah berikan hidayah kepada orang yang berniat jahat tersebut?

Sahabat, ketika Dzat Yang Maha Tinggi tidak mengizinkan, maka segala sesuatunya tidak akan terjadi. Ambilah hikmah dari cerita fakta yang saya tulis diatas. Bagi orang – orang yang berpikir, kejadian seperti itu tentulah akan menambah kadar keimanannya. Sebagai seorang muslim, sudah selayaknya kita senantiasa berusaha dan bekerja keras dalam hidup ini untuk meraih apa yang kita inginkan. Namun jika Allah tidak mengizinkan, sebesar apa pun usaha kita maka tidak akan kesampaian. Tetapi yakinlah bahwa Allah tentunya akan memberikan sesuatu yang lebih bagi mereka yang senantiasa berusaha, bukan yang hanya berdiam diri.

Sedikit menakar tentang kalimat Laa Haulaa Wa Laa Quwwata illa Billah : Tiada daya dan upaya kecuali atas izin (pertolongan) Allah. Begitu dahsyatnya kalimat ini. Tidak ada yang perlu diperdebatkan, jelaslah betapa izin dan pertolongan Allah itu syarat mutlak atas terwujudnya suatu kejadian. Maka hendaknya kita selalu dekat dengan Allah. Sembari berharap Dia mengizinkan untuk mewujudkan hajat atau mimpi kita. Bukankah seseorang akan memberikan kepercayaan kepada orang yang dekat dengan dirinya? Begitu juga dengan Allah, Dia sangat senang kepada hamba – hamba-Nya yang selalu taqorrub ilallah. Walallahu a’lam bishowab, semoga ada ibroh yang bisa diambil dari tulisan ini…

Mau silaturahim dan ngobrol dengan saya? :) Silahkan follow twitter @adefahrizal / HP 082116061831 / BBM 29EEE7F0 / email adefahrizal@gmail.com

2 thoughts on “Allah Tidak Izinkan…

  1. Ass wr wb.

    Makasih tlah berbagi pengalaman yg menambah keyakinan bahwa tak ada sesuatu pun yg bisa menghalangi takdir apapun yg dikehendaki oleh ALLAH tuk terjadi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s