Sambut Pagimu

Sambut Pagimu

Segala puji hanya kepada Allah yang karena izin-Nya saat ini saya sedang berada di Taman Safari Lodge, Cisarua, Kabupaten Bogor. Kemarin malam saya tiba di tempat ini untuk sebuah pekerjaan bersama guru saya @kangrendy. Ketika tiba, kesan pertama yang saya rasakan adalah dingin. Masya Allah, padahal sudah menggunakan jaket masih terasa dingin. Bahkan ketika tidur saya sampai memakai selimut dua lapis (dan jaket yang masih saya pakai). Kira – kira empat jam saya tidur, pagi hari saya awali dengan sholat subuh. Lalu sekitar pukul enam pagi, saya berinisiatif jalan – jalan di sekitar bungalow tempat saya menginap. Subhanallah, ternyata begitu indahnya alam disini. Tidak seperti tadi malam yang saya bisa lihat hanyalah kegelapan. Tetapi begitu pagi hari datang, kala mentari muncul dari peraduannya, seketika itu saya melihat ciptaan – ciptaan Allah : pohon – pohon hijau nan asri, danau yang jernih, angsa – angsa yang bermain dipermukaannya, aliran sungai yang deras…Laa haula wa laa quwwata illa billah.

Sebenarnya sudah lama saya tidak merasakan nuansa pagi seperti ini. Seingat saya, ketika dahulu masih kuliah D3 di Unpad sekitar tahun 2009 saya pernah merasakan hal  yang sama seperti saat ini. Di tengah pepohonan yang rindang, suhu pagi yang sejuk, ada sungai yang bermuara di sebuah danau kecil, lengkaplah kecantikan pagi ini. Namun semua itu tidak pernah saya bayangkan ketika pertama kali saya menjejakkan kaki di tempat ini. Kenapa? Seperti yang saya tulis di awal tadi, gelap. Penerangan sangat minim. Hanya beberapa lampu minyak yang diletakkan di titik – titik tertentu. Keindahan yang saya lihat pagi ini, masih tersembunyi dibalik hijab kegelapannya.

Sahabat, mari kita renungkan dan ambil hikmah dari kisah yang saya sampaikan di atas. Izinkan saya bertanya, adakah diantara kita yang saat ini hidupnya sedang gelap? Hidup seperti tanpa arah dan tujuan, tiap hari yang dilalui hanyalah kebosanan dan keputus asaan. Jujur, dahulu saya pernah merasakan keadaan itu. Hampir tiap hari  hanya  di kamar kosan, kalau pun keluar kamar kos hanya untuk sekedar membeli makan. Bahkan saya sempat mengecap diri saya adalah orang gagal, calon sampah! Na’udzubillahi min dzalik, astaghfirullah. Jangan ditiru ya, tidak boleh. Namun semua itu berubah kala saya mendapatkan musibah (maaf tidak bisa saya ceritakan disini). Dari situ saya sadar tidak boleh seperti ini terus. Saya harus keluar dari kegelapan ini, cepat atau lambat? Cepat. Maka mulai dari saat itu, saya mulai menata hidup. Saya dekati Dia yang sudah lama saya jauhi, Allah. Saya minta maaf kepada orang – orang yang pernah saya sakiti. Alhamdulillah kini hidup saya lebih cerah dan indah.

Hidup saya saat itu, saya anggap adalah malam hari. Musibah yang hadir, saya anggap mentari. Dan hidup saya saat ini, adalah pagi hari yang indah. Sadarilah bahwa hidup kita itu sebenarnya indah. Tetapi karena kelakuan kita sendiri, ia menjadi gelap. Tak nikmat untuk dijalani. Jika sedang dalam masa – masa seperti itu, memang harus ada momentum atau titik baliknya agar kita tersadar. Tetapi saya berharap jangan sampai ditimpa musibah seperti saya. Semoga titik balik itu adalah hal – hal baik dan positif yang akan berdampak lama. Nah kemudian sadarilah bahwa tiap diri kita adalah berlian. Berlian hanya akan berkilau di tempat yang terang, ada cahaya. Tidak maukah kita menjadi pribadi yang briliant? Tak bosankah kita di dalam kegelapan? Wake up! Hidup kita terlalu mahal untuk diisi hal – hal yang sia – sia. Ada pemandangan indah disekitar kita. Maka segeralah keluar dari malammu, temukan mentarimu, sambutlah pagimu yang indah! Dan mohonlah petunjuk kepada Allah. Semoga Allah akan segera mempertemukanmu dengan pagi yang indah…

Mau silaturahim dan ngobrol dengan saya? :) Silahkan follow twitter @adefahrizal / HP 082116061831 / BBM 29EEE7F0 / email adefahrizal@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s