Keutamaan Membaca Surah Al Mulk

al-mulk

Bismillah walhamdulillah. Allahumma sholli wassallim ‘alaa Muhammad. Ketika saya bertanya kepada beberapa orang, apakah surat favorit anda dalam Al Qur’an? Jawaban mayoritas adalah Yaasiin, Ar Rahmaan, dan Al Waqiah. Untuk surah Yaasiin alasannya karena dibaca setiap malam Jum’at, tetapi ketika ditanya apakah ada dalilnya? Mereka tidak tahu dan hanya menyatakan bahwa itu adalah tradisi warisan orang tua. Padahal surah yang paling afdhol dibaca di hari Jum’at (termasuk malam Jum’at) adalah surah Al Kahfi. Sebagaimana sabda Rasulullah Sholallahu ‘alaihi wassallam :

Dari Abu Sa’id al-Khudri radliyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ َقَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيْقِ

“Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul ‘atiq.” (Sunan Ad-Darimi, no. 3273. Juga diriwayatkan al-Nasai dan Al-Hakim serta dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih al-Targhib wa al-Tarhib, no. 736)

Dalam riwayat lain masih dari Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu ‘anhu,

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ أَضَآءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ

“Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua Jum’at.” (HR. Al-Hakim: 2/368 dan Al-Baihaqi: 3/249. Ibnul Hajar mengomentari hadits ini dalam Takhrij al-Adzkar, “Hadits hasan.” Beliau menyatakan bahwa hadits ini adalah hadits paling kuat tentang surat Al-Kahfi. Syaikh Al-Albani menshahihkannya dalam Shahih al-Jami’, no. 6470)

Lalu surah Ar Rahmaan, alasannya karena surah ini unik, ada satu kalimat firman Allah Ta’alaa yang diulang – ulang 31 kali (mohon koreksi jika salah). Serta surah Ar Rahmaan lagi nge-trend dijadikan mahar ketika akad nikah oleh pengantin laki – laki. Namun sebaiknya tatkala masih memiliki harta, sedikit apa pun, itu lebih baik untuk dijadikan mahar. Kemudian surah Al Waqiah, menjadi surah favorit kaum muslimin khususnya di Indonesia karena katanya jika dibaca, maka bisa melancarkan rezeki ataupun hajat kita. Wallahu a’lam, hingga saat ini saya belum pernah menemukan dalilnya. Yang saya tau, ajaran ini dipopulerkan oleh seorang ustadz yang sering tampil di layar kaca televisi di Indonesia.

Saudaraku seiman, sesungguhnya ada salah satu surah dalam Al Qur’an yang memiliki keutamaan dan dilengkapi dalil. Surah tersebut adalah surah Al Mulk. Berikut keutamaan surah Al Mulk :

Keutamaan Surat Al-Mulk

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أنَّ النَّبِىَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: « سُورَةٌ مِنَ الْقُرْآنِ ثَلاَثُونَ آيَةً تَشْفَعُ لِصَاحِبِهَا حَتَّى يُغْفَرَ لَهُ {تَبَارَكَ الَّذِى بِيَدِهِ الْمُلْكُ}. وفي رواية: فأخرجته من النار و أدخلته الجنة » حسن رواه أحمد وأصحاب السنن.

Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Satu surat dalam Alquran (yang terdiri dari) tiga puluh ayat (pada hari kiamat) akan memberi syafaat (dengan izin Allah Subhanahu wa Ta’ala) bagi orang yang selalu membacanya (dengan merenungkan artinya) sehingga Allah mengampuni (dosa-dosa)nya, (yaitu surat Al-Mulk): “Maha Suci Allah Yang di tangan-Nyalah segala kerajaan/kekuasaan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu”. Dalam riwayat lain: “…sehingga dia dikeluarkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga.”  (HR. Abu Dawud no. 1400, At-Tirmidzi no. 2891, Ibnu Majah no. 3786, Ahmad 2:299, dan Al-Hakim no. 2075 dan 3838, dinyatakan shahih oleh Imam Al-Hakim dan disepakati oleh Imam Adz-Dzahabi, serta dinyatakan hasan oleh imam At-Tirmidzi dan syaikh Al-Albani).

Hadis yang agung ini menunjukkan besarnya keutamaan membaca surat ini secara kontinyu, karena ini merupakan sebab untuk mendapatkan syafaat dengan izin Allah ‘Azza wa Jalla. (Faidhul Qadir, 2:453)

Hadis ini semakna dengan hadis lain dari Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Satu surat dalam Alquran yang hanya (terdiri dari) tiga puluh ayat akan membela orang yang selalu membacanya (di hadapan Allah Subhanahu wa Ta’ala) sehingga dia dimasukkan ke dalam surga, yaitu surat: “Maha Suci Allah Yang di tangan-Nyalah segala kerajaan/kekuasaan.”

(HR. Ath-Thabarani dalam Al-Mu’jamul Ausath no. 3654 dan Al-Mu’jamush Shagir no. 490, dinyatakan shahih oleh Al-Haitsami dan Ibnu Hajar dinukil dalam kitab Faidhul Qadir 4:115 dan dinyatakan hasan oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahihul Jaami’ish Shagir no. 3644).

Beberapa faidah penting yang terkandung dalam hadis ini:

– Keutamaan dalam hadis ini diperuntukkan bagi orang yang selalu membaca surat Al-Mulk dengan secara kontinyu disertai dengan merenungkan kandungannya dan menghayati artinya. (Faidhul Qadir, 4:115).

– Surat ini termasuk surat-surat Alquran yang biasa dibaca oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sebelum tidur di malam hari, karena agungnya kandungan maknanya. (HR At-Tirmidzi no. 2892 dan Ahmad 3:340, dinyatakan shahih oleh Syaikh Al-Albani dalam Ash-Shahihah no. 585).

– Sebagian dari ulama ahli tafsir menamakan surat ini dengan penjaga/pelindung dan penyelamat (dari azab kubur). (Tafsir al-Qurthubi, 18:205). Akan tetapi penamaan ini disebutkan dalam hadis yang lemah. (Dha’ifut Targibi wat Tarhib, no. 887).

– Alquran akan memberikan syafaat (dengan izin Allah) bagi orang yang membacanya (dengan menghayati artinya) dan mengamalkan isinya (Bahjatun naazhirin, 2:240), sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Bacalah Alquran, karena sesungguhnya bacaan Alquran itu akan datang pada hari kiamat untuk memberi syafaat bagi orang-orang yang membacanya (sewaktu di dunia).” (HR. Muslim no. 804).

Dapatkan tausyiah harian di pin BBM 7B578D8D. Silahkan follow twitter @adefahrizal / SMS & WA 082116061831 / email adefahrizal@gmail.com  

Ingin memiliki buku Islam berkualitas yang sesuai dengan Qur’an dan Sunnah? Temukan di Toko Buku Islam ZK Mart. Segera invite pin BBM 7B578D8D dan follow twitter & Instagram @zk_mart

Ziyadatul Khoir menerima layanan les privat mengaji Iqro dan Al Qur’an di rumah anda. Terbuka untuk semua usia dan kalangan, ana – anak, dewasa, orang tua. Serta melayani untuk individu, keluarga, kelompok, dan perkantoran. Pengajar oleh Ustadz Abu Fawwaz Ade Fahrizal. Silahkan hubungi 082116061831 (hanya untuk Kota Bandung).

34 thoughts on “Keutamaan Membaca Surah Al Mulk

  1. Nah, bener itu, sama, saya juga jadi jatuh cinta sama surah Al-Mulk,
    Adeeem… bgt di telinga dan di hati,
    Makanya wktu itu kaget bgt, baru aja dengerin murottal yg sama antum posting video nya,
    Subhanalloh…

  2. satu lagi keutaamaan membaca surah al mulk, apabila kita menbacanya 2 kali beserta artinya(kandungannya) di pagi hari maka insya allah akan membantu menerangi di dalam kubur

  3. pengalaman rohaniku ketika darah tinggiku naik karena memikirkan sesuatu hal. aku membaca surat al mulk setelah solat subuh. alhamdulillah darah tinggiku turun kembali dan pikiran menjadi lebih tenang dan pasrah.

  4. saya juga jatuh hati sama s.al-mulk, gara gara lihat berita seseorang yg mati -dikubur-lama kemudian /bertahun2 kuburan itu mau dipindahkan-pas digali-subhanalloh jenazahnya masih utuh-ditanyakn kekeluarganya-bahwa beliau suka/tiap hari baca s.al-mulk
    #beneran–

  5. alhamdulillah,,
    smoga Alloh senantiasa memberikan kpd kita istiqomah, memudahkan kita beramal sholeh,
    menjaga kita dari kesesatan.. amiin

  6. Saya akan mulai mengamalkan nya …smga berkah….A̐aм̲̣̣ȋȋή^Ƴªª^Ʀợ̣̇̇̇ввªƖ a̐Ɩå♏ȋʼn•°•° -̶̶

  7. Alhamdulillah.. Terima kasih sharingnya.. Ini yg saya cari, amalan disertai dalil yg jelas. Semoga selalu dilimpahkan rahmat dan berkah dari Allah SWT.. Amin YRA

  8. Subhanallah besar sekali faidah nya. Smg kita smua termasuk org2 yg sering membaca surat al mulk.
    Ya allah terimalah segala amal ibadah ku sekecil apapun agar aku termasuk org2 yg beruntung d akhirat .amiinnn

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s