Bahagia Adalah…

Hari Jum’at seperti biasa layaknya hari – hari lain saya awali dengan sholat subuh berjama’ah di masjid. Saya sekarang sedang menjalani “terapi” kehidupan. Terapinya ya sholat subuh berjama’ah di masjid. Oke sebelumnya saya ingin cerita Hari Kamis kemarin. Saya mendapatkan info rumah kontrakan dari seorang teman saya, seorang guru tahfidz Qur’an, dan kami satu jama’ah majelis taklim. Beliau menginformasikan sebuah rumah kontrakan, yang tidak lain tidak bukan adalah rumahnya yang sekarang beliau tempati bersama istrinya. Beliau akan meng-over kontrak rumah tersebut karena beliau mendapatkan hibah rumah dari saudaranya. Beliau menawarkan ke saya karena memang dulu saya pernah nitip ke beliau jika ada info rumah kontrakan. Saya sedang mencari rumah kontrakan untuk bekal saya mempersiapkan pernikahan.

Melihat dari foto – foto rumah yang beliau kirim, saya yakin rumah ini sesuai dengan apa yang saya inginkan. Dan saya yakin akan meng-over kontrak rumah ini, dalam pikiran saya rezeki kedua belum tau kapan lagi datangnya. Akhirnya sore hari saya niatkan untuk melihat langsung rumah kontrakan. Tetapi ternyata Allah berencana lain, Allah ingatkan saya bahwa malamnnya saya ada UTS di kampus. Saya galau, antara harus belajar atau survey rumah kontrakan. Dan saya putuskan lebih baik saya belajar saja untuk persiapan UTS. Untuk masalah survey, bisa besok hari (Jum’at). Hingga akhirnya saya UTS di kampus dan sekitar jam 9 saya pulang ke kos. Sesampai di kos saya coba nyalakan PC, karena ingin mengecek email saya. Sambil buka email, sambil buka akun FB saya. Eh saya melihat akun FB teman kerja saya sedang online. Teman saya ini akan menikah sebulan lagi, tapi sampai saat ini belum dapat tempat tinggal untuk dia istrinya kelak.

Aha! Bagaimana jika saya tawarkan saja rumah kontrakan yang sedang saya incar ini? Mungkin dia lebih membutuhkan daripada saya. Karena sebulan lagi akan menikah, sedangkan saya mungkin masih awal tahun depan (Doain ya). Akhirnya kami chatting dan saya menanyakan apakah dia sudah dapat rumah atau belum. Ternyata dia belum dapat, wah saya pikir ini memang rezekinya. Dan kemudian saya tawarkanlah rumah kontrakan yang saya incar. Kebetulan lokasinya memang strategis, jadi teman saya setuju untuk melihat – lihat rumah tersebut. Dan Hari Jum’at tadi dia langsung survey ke rumah kontrakan itu.

Dan ternyata rumah kontrakan tersebut sesuai dengan apa yang dia inginkan. Akhirnya dia langsung bayar, artinya kini rumah kontrakan itu sudah berpindah tangan ke milik teman saya. Setelah survey rumah kontrakan, teman saya kembali ke kantor. Ketika bertemu dengan saya, dia sangat berterima kasih kepada saya. Karena akhirnya dia mendapatkan tempat tinggal untuk menikah nanti. Alhamdulillah, jujur saya sangat bahagia melihat dia bahagia. Saya bahagia bisa menjadi jembatan baginya sehingga dia bahagia.

Sahabat, hari ini saya belajar dua hal penting. Pertama, tentang kebahagiaan. Ternyata kebahagiaan itu adalah ketika kita mampu membagi kebahagiaan tersebut. Karena apalah arti jika bahagia hanya kita yang merasakannya. Kemudian yang kedua, rezeki atau jodoh memang tidak akan kemana. Bayangkan jika sore hari saya survey rumah kontrakan itu, saya yakin saya juga langsung bayar rumah tersebut. Tetapi Allah “menghalangi” saya, karena rumah itu bukan rezeki saya. Rumah itu rezeki teman saya. Lihat, bagaimana Allah mendesain malam hari saya menyalakan PC, membuka FB, hingga chatting dengan teman saya. Subhanallah, betapa indahnya skenario Allah jika kita mau berpikir dan ikhlas menghadapinya.

Mau silaturahim dan ngobrol dengan saya? :) Silahkan follow twitter @adefahrizal / HP 082116061831 / BBM 29EEE7F0 / email adefahrizal@gmail.com

Leave a Reply

