Garis Lurus Keimanan dan Ujian

Segala puji hanya bagi Allah. Tak ada yang pantas kita puji selain Allah. Jikalau ingin memuji manusia, apresiasilah sewajarnya saja. Sahabat, ada sebuah hadist yang menurut saya bisa menjadi motivasi diri kita ketika menghadapi ujian. Hadist ini terucap dari lisan rekan kerja saya. Tanpa saya minta, tiba – tiba dia membacakan hadist ini. Dan saya pikir sangat ngena kepada diri saya yang memang sedang mendapatkan ujian bertubi – tubi. Berikut bunyi hadistnya :

Orang yang paling berat ujiannya adalah para nabi kemudian orang – orang sholeh kemudian yang terbaik dan seterusnya. Seseorang diuji berdasarkan agamanya. Jika imannya kokoh, maka akan ditambah cobaannya. Dan jika ternyata imannya lemah dikurangi cobaannya” (HR Ahmad)

Sahabat, coba renungi hadist diatas. Jangan pernah putus asa atas segala ujian yang menghampiri kita. Tatkala ujian tersebut terasa berat, bersyukurlah itu tandanya keimanan kita makin terasah. Berarti Allah sedang menguji kekokohan iman kita. Inilah cara Allah meningkatkan kapasitas diri kita. Saya yakin, ketika kita berhasil melalui ujian itu, pastilah diri kita akan semakin dewasa, matang, dan dewasa. Atau yang lebih indah lagi, membuat diri kita makin dekat ke Allah, cakep banget tuh. Itu yang namanya ujian membawa karunia. Karunia bisa dekat ke Allah dan lebih mengenal-Nya. Ah indahnya jika diri kita selalu berserah diri pada-Nya. Ayo sahabat, jangan pernah putus asa dalam menghadapi ujian dalam hidup ini. Percayalah, ketika malam semakin gelap maka mentari pagi nan cerah akan segera terbit…

Mau silaturahim dan ngobrol dengan saya? :) Silahkan follow twitter @adefahrizal / HP 082116061831 / BBM 29EEE7F0 / email adefahrizal@gmail.com

Leave a Reply

