Investasi Ilmu : Investasi Seumur Hidup

Hari minggu kemarin saya nobatkan sebagai harinya menuntu ilmu. Emang kenapa? 28 Oktober 2012 saya mengikuti dua buah seminar. Seminar yang pertama yaitu seminar “Marriage and Relationship” bersama Pak Indra @noveldy. Sedangkan seminar kedua yaitu “Mitos – Mitos Sesat Menjadi Pengusaha” bersama @kangrendy Saputra. Dua seminar ini diselenggarakan di waktu yang berbeda, seminar pertama jam 9 pagi dan seminar kedua jam 1 siang. Alhamdulillah tidak bentrok sehingga saya bisa mengikuti kedua seminar ini. Walaupun hari minggu, hari yang sebaiknya saya gunakan untuk istirahat atau refreshing karena senin sampai sabtu saya full beraktifitas. Tapi saya pikir hari minggu tidak selalu harus digunakan untuk istirahat. Jika memang ada yang bermanfaat hari itu, kenapa tidak dikejar?

Oke seminar pertama bersama Pak Indra @noveldy diadakan di Iga Bakar Jogja, Jalan Cemara, Bandung. Saya datang telat 45 menit, karena setelah sholat subuh saya tidur lagi, masih terasa ngantuk akibat dari nonton klub bola favorit saya diniharinya. Tapi alhamdulillah walaupun telat saya tetap dapat seat dan bisa mengikuti seminar dengan lancar. Semianr ini membahas tentang persiapan menuju pernikahan dan kehidupan setelahnya. Wah pas buat saya, karena saya sedang mempersiapkan pernikahan. Nah selesai seminar pertama sekitar jam 1, saya langsung meluncur ke Hotel Golden Flower di kawasan Jalan Sudirman, Bandung. Karena seminar selanjutnya bersama @kangrendy akan segera dimulai.

Sampai disana sekitar pukul 13.20 saya langsung memasuki ruangan. Ternyata seminar sudah dimulai, tapi alhamdulillah masih diawal – awal, sehingga bsaya tidak tertinggal materi. Sama seperti seminar sebelumnya saya bisa mengikuti seminar ini dengan baik. Apalagi saya sudah kenal baik dengan @kangrendy sehingga membuat saya lebih mudah menerima materi dari beliau. Dalam seminar ini beliau mengajarkan kami pentingnya berbisnis dengan cara yang benar dan baik. Tanpa bunga (riba’), tanpa hutang, tanpa pinjam – pinjam kemana – mana dulu. Tapi kan bakal lama donk bisnisnya berkembang? Tidak apa – apa. Biar kerasa perjuangannya buat mengembangkan usahanya, slow but sure. Dan masih banyak lagi ilmu yang beliau ajarkan kepada kami.

Sahabat, lalu apa pelajaran yang bisa saya bagi di tulisan ini? Saya tidak akan membeberkan materi – materi atau ilmu yang saya dapat dari dua seminar tersebut. Tapi yang ingin saya sampaikan disini adalah pentingnnya untuk investasi ilmu. Seminar itu menurut saya adalah sebuah investasi ilmu. Kenapa investasi? Karena saya bayar ratusan ribu untuk mengikuti seminar ini. Kenapa saya mau bayar? Karena saya yakin dan tau akan mendapatkan banyak ilmu di seminar tersebut. Yang nantinya ilmu – ilmu tersebut bisa saya aplikasikan untuk menumbuhkan hidup saya menjadi lebih baik. Nah itulah yang dimaksud dengan investasi ilmu. Berani bayar, bereani mengeluarkan duit untuk investasi seumur hidup. Karena investasi bukan berarti harus selalu dalam bentuk barang.

Saya tidak menyesal membayar mahal untuk ikut seminar. Daripada uang kita digunakan hanya untuk jalan – jalan atau belanja saja, mending diinvestasikan ikut seminar / training / workshop.  Carilah info – info seminar di kota anda. Sekarang zaman sudah modern, tinggal cari infonya di internet atau media cetak. Cari info seminar yang kira – kira isinya memang anda sedang butuhkan. Mau jadi pengusaha? ikutlah seminar pengusaha yang benar. Mau jadi chef? ikutlah workshop memasak. Anda pasti lebih tau apa yang anda butuhkan. Jadi ayo kita berani bayar untuk investasi ilmu🙂

Mau silaturahim dan ngobrol dengan saya? :) Silahkan follow twitter @adefahrizal / HP 082116061831 / BBM 29EEE7F0 / email adefahrizal@gmail.com

Leave a Reply

