Beberapa Kumpulan Do’a Dari Al Qur’an

Alhamdulillah sore tadi ba’da ashar kawasan Tubagus Ismail, Bandung diguyur hujan. Membuat sore hari di kota Bandung menjadi cukup dingin. Saya sedang berada di ruang kerja sembari menikmati secangkir kopi hangat untuk menemani saya mengerjakan pekerjaan kantor. Di sebelah saya ada rekan kerja yang juga sedang mengerjakan pekerjaan kantornya. Tak terasa sudah pukul 16.30 wib, itu artinya 30 menit lagi kami akan pulang kantor. Alhamdulillah pekerjaan kami pun sudah selesai saat itu juga. Jadi kami punya waktu kosong selama setengah jam. Sambil menunggu waktu pulang kantor, rekan kerja saya mengajak diskusi. Kami pun mulai berdiskusi, ia mencoba me-refresh materi majelis taklim yang pernah kami hadiri beberapa waktu lalu. Materi majelis taklim kala itu tentang “Bersihnya Hati, Kunci Menggapai Petunjuk Allah”. Lalu rekan kerja saya bercerita akhir – akhir ini ia seperti sedang mendapat petunjuk dari Allah. Allah seperti memberikan sign kepada dirinya akan suatu hal. Namun ia masih kurang yakin, apakah itu benar petunjuk dari Allah. Nah untuk lebih meyakinkan, ia pun teringat nasihat dari pemateri majelis taklim saat itu. Nasihatnya (kurang lebih), “Sebenarnya Allah senantiasa memberikan petunjuk kepada hamba-Nya. Namun kondisi hati yang berbeda – beda, ada yang kotor ada yang bersih, membuat kita (hamba-Nya) kadang tidak mampu melihat petunjuk tersebut. Sehingga agar hati senantiasa bersih, maka kuncinya adalah membersihkannya dengan ibadah.”

Rekan kerja saya kemudian mengatakan ibadah yang paling tepat untuk membersihkan hati adalah sholat malam dan sholat dhuha. Karena menurutnya ibadah tersebut berat untuk dilakukan, tapi jika bisa mengerjakannya maka ada kepuasan batin dan ketenangan hati setelahnya. Saya pun mengiyakan pendapat rekan saya. Terlepas dari ibadah – ibadah yang lain sebenarnya juga sarana untuk membersihkan hati kita. Saya pun mencoba mendukung pernyataannya dengan mengatakan bahwa disaat malam dan dhuha banyak manusia dalam kondisi lalai. Ketika malam hari sebagian besar tertidur lelap dan ketika dhuha mayoritas sedang disibukkan untuk mencari rezeki. Kami pun bersepakat bahwa sholat malam dan sholat dhuha memiliki keistimewaan yang luar biasa jika kita mampu melakukannya. Salah satunya adalah untuk membersihkan hati kita agar mampu melihat petunjuk, hidayah, dan tanda – tanda dari Allah. Untuk itulah kami ber-azzam untuk sekuat tenaga menjadikan ibadah sunnah tersebut hobi kami.

Diskusi kami tidak berhenti sampai situ saja. Kemudian kami teringat materi majelis taklim lainnya, yaitu “Dahsyatnya Kekuatan Do’a”. Pastilah kita semua sebagai seorang muslim sudah tau bahwa do’a adalah senjata terakhir seorang mukmin namun bisa mematikan. Artinya dengan do’a segala sesuatunya bisa terjadi atas kehendak Allah. Lalu iseng – iseng kami mencari ayat – ayat Al Qur’an yang berisi do’a. Dan ternyata banyak sekali. Nah ditulisan kali ini saya akan coba mengumpulkan beberapa do’a dari Al Qur’an. Artinya sangat bagus dan indah, bahkan lebih bernilai dari sekedar karya sastra. Tapi saya hanya akan menulis dengan kata – kata biasa beserta artinya. Saya harap sahabat membaca tulisan arabnya dari Al Qur’an. Semoga kumpulan do’a ini bermanfaat dan sahabat baca kapan pun, terutama ketika saat – saat mustajab do’a dikabulkan. Seperti setelah sholat, ketika sujud, waktu hujan turun, dan lain – lain. Selamat berdo’a🙂

DOA KESELAMATAN (QS AL  BAQARAH : 286)
“RABBANA LA TU-AKHIDZNA IN NASINA AU AKHTHA’NA RABBANA WALA TAHMIL ‘ALAINA ISHRAN KAMA HAMALTAHU ‘ALALLADZINA MIN QABLINA, RABBANA WALA TUHAMMILNA MA LA THAQATA LANA BIH, WA’FU ‘ANNA WAGHFIRLANA WARHAMNA ANTA MAULANA FANSHURNA ‘ALAL QAUMIL KAFIRIN.”

“YA TUHAN KAMI, JANGANLAH ENGKAU HUKUM KAMI JIKA KAMI LUPA ATAU KAMI TERSALAH. YA TUHAN KAMI, JANGANLAH ENGKAU BEBANKAN KEPADA KAMI BEBAN YANG BERAT SEBAGAIMANA ENGKAU BEBANKAN KEPADA ORANG-ORANG SEBELUM KAMI. YA TUHAN KAMI, JANGANLAH ENGKAU PIKULKAN KEPADA KAMI APA YANG TAK SANGGUP KAMI MEMIKULNYA. BERI MA’AFLAH KAMI; AMPUNILAH KAMI; DAN RAHMATILAH KAMI. ENGKAULAH PENOLONG KAMI, MAKA TOLONGLAH KAMI TERHADAP KAUM YANG KAFIR.”

=============================

DOA KETABAHAN (AL BAQARAH : 250)
“RABBANA AFRIG ‘ALAINA SHABRAW WA SABBIT AQDAAMANA WANSHURNA ‘ALAL-QAUMIL-KAFIRIIN”

“YA TUHAN KAMI, TUANGKANLAH KESABARAN ATAS DIRI KAMI, DAN KOKOHKANLAH PENDIRIAN KAMI DAN TOLONGLAH KAMI TERHADAP ORANG-ORANG KAFIR.”

DOA MENGHINDARI KESESATAN (QS ALI IMRAN : 8)
“RABBANA LA TUZIGH QULUBANA BA’DA IZ HADAITANA WAHAB LANA MIL LADUNKA RAHMAH, INNAKA ANTAL WAHAB.”

“YA TUHAN KAMI, JANGANLAH ENGKAU JADIKAN HATI KAMI CONDONG KEPADA KESESATAN SESUDAH ENGKAU BERI PETUNJUK KEPADA KAMI, DAN KARUNIAKANLAH KEPADA KAMI RAHMAT DARI SISI ENGKAU; KARENA SESUNGGUHNYA ENGKAU-LAH MAHA PEMBERI (KARUNIA)”.

=============================

DIBERI KEMUDAHAN (QS AL KAHFI : 10)
“RABBANA ATINA MIL LADUNKA RAHMATAW, WA HAYYI’ LANA MIN AMRINA RASYADA.”

“WAHAI TUHAN KAMI, BERIKANLAH RAHMAT KEPADA KAMI DARI SISI-MU DAN SEMPURNAKANLAH BAGI KAMI PETUNJUK YANG LURUS DALAM URUSAN KAMI (INI).”

=============================

DOA KEKUATAN IMAN (QS ALI IMRAN : 16)
“RABBANA INNANA AMANNA FAGFIR LANA ZUNUBANA WA QINA ‘AZABAN-NAR.”

“YA TUHAN KAMI, SESUNGGUHNYA KAMI TELAH BERIMAN, MAKA AMPUNILAH SEGALA DOSA KAMI DAN PELIHARALAH KAMI DARI SIKSA NERAKA”

=============================

DOA KEKUATAN IMAN (QS ALI IMRAN : 53)
“RABBANA AMANNA BIMA ANZALTA WATTABA’NAR RASULA FAKTUBNA MA’ASY-SYAHIDIN.”

“YA TUHAN KAMI, KAMI TELAH BERIMAN KEPADA APA YANG TELAH ENGKAU TURUNKAN DAN TELAH KAMI IKUTI RASUL, KARENA ITU MASUKANLAH KAMI KE DALAM GOLONGAN ORANG-ORANG YANG MENJADI SAKSI (TENTANG KEESAAN ALLAH)”

=============================

DOA KESEMPURNAAN CAHAYA IMAN (QS AT TAHRIM : 8)
“RABBANA ATMIN LANA NURANA WAGFIR LANA INNAKA ‘ALA KULLI SYAI’IN QADIR.”

“YA RABB KAMI, SEMPURNAKANLAH BAGI KAMI CAHAYA KAMI DAN AMPUNILAH KAMI; SESUNGGUHNYA ENGKAU MAHA KUASA ATAS SEGALA SESUATU”

=============================

DOA KEKUATAN IMAN (QS ALI IMRAN : 147)
“RABBANAGHFIR LANA ZHUNUBANA WA ISRAFANA FI AMRINA WA SABBIT AQDAMANA WANSURNA ‘ALAL QAUMIL KAFIRIN.”

“YA TUHAN KAMI, AMPUNILAH DOSA-DOSA KAMI DAN TINDAKAN-TINDAKAN KAMI YANG BERLEBIH-LEBIHAN DALAM URUSAN KAMI DAN TETAPKANLAH PENDIRIAN KAMI, DAN TOLONGLAH KAMI TERHADAP KAUM YANG KAFIR”.

=============================

DOA HUSNUL KHATIMAH (QS ALI IMRAN : 193-194)
“RABBANA INNANA SAMI’NA MUNADIYAY YUNADI LIL IMANI AN AMINU BIRABBIKUM FA-AMANNA. RABBANA FAGHFIRLANA ZUNUBANA WA KAFFIR ‘ANNA SAYYI’ATINA WATAFFANA MA’AL ABRAR. RABBANA WA ATINA MA WA’ATTANA ‘ALA RASULIKA WA LA TUKHZINA YAUMAL-QIYAMAH, INNAKA LA TUKHLIFUL MI’AD.”

“YA TUHAN KAMI, SESUNGGUHNYA KAMI MENDENGAR (SERUAN) YANG MENYERU KEPADA IMAN, “BERIMANLAH KAMU KEPADA TUHANMU”, MAKA KAMIPUN BERIMAN. YA TUHAN KAMI, AMPUNILAH BAGI KAMI DOSA-DOSA KAMI DAN HAPUSKANLAH DARI KAMI KESALAHAN-KESALAHAN KAMI, DAN WAFATKANLAH KAMI BESERTA ORANG-ORANG YANG BANYAK BERBAKTI. YA TUHAN KAMI, BERILAH KAMI APA YANG TELAH ENGKAU JANJIKAN KEPADA KAMI DENGAN PERANTARAAN RASUL-RASUL ENGKAU. DAN JANGANLAH ENGKAU HINAKAN KAMI DI HARI KIAMAT. SESUNGGUHNYA ENGKAU TIDAK MENYALAHI JANJI.”

=============================

DOA PENYESALAN (QS AL A’RAF : 23)
“RABBANA ZALAMNA ANFUSANA WA ILLAM TAGFIRLANA WA TARHAMNA LANAKUNANNA MINAL KHASIRIN.”
“YA TUHAN, KAMI TELAH MENGANIAYA DIRI KAMI SENDIRI, DAN JIKA ENGKAU TIDAK MENGAMPUNI KAMI DAN MEMBERI RAHMAT KEPADA KAMI, NISCAYA PASTILAH KAMI TERMASUK ORANG-ORANG YANG MERUGI”

=============================

Itulah beberapa kumpulan doa yang ada di dalam Al Qur’an. Silahkan untuk diamalkan dan disampaikan kepada saudara, teman, dan kerabat kita lainnya. Saran saya, coba anda buka Al Qur’an dan cari doa – doa diatas langsung dari Al Qur’an. Maksud saya lebih afdhol jika kita membacanya dan menghafalkan dari Al Qur’an yang menggunakan bahasa arab. Sedangkan tulisan saya diatas menggunakan bahasa latin, karena laptop saya tidak dilengkapi keyboard arabic. Mohon maaf. Wallahu a’lam bishowab. Jazakumullahu khoiron katsiron

Dapatkan tausyiah harian di pin BBM 7B578D8D. Silahkan follow twitter @adefahrizal / SMS & WA 082116061831 / email adefahrizal@gmail.com  

Ingin memiliki buku Islam berkualitas yang sesuai dengan Qur’an dan Sunnah? Temukan di Toko Buku Islam ZK Mart. Segera invite pin BBM 7B578D8D dan follow twitter & Instagram @zk_mart

Ziyadatul Khoir menerima layanan les privat mengaji Iqro dan Al Qur’an di rumah anda. Terbuka untuk semua usia dan kalangan, ana – anak, dewasa, orang tua. Serta melayani untuk individu, keluarga, kelompok, dan perkantoran. Pengajar oleh Ustadz Abu Fawwaz Ade Fahrizal. Silahkan hubungi 082116061831 (hanya untuk Kota Bandung).

5 thoughts on “Beberapa Kumpulan Do’a Dari Al Qur’an

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s